NDT (Non Destructive Testing)

NDT (Non Destructive Testing) adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menguji suatu material tanpa harus merusak material yang ingin di uji. Pengujian ini dilakukan untuk melihat apakah material yang diuji masih aman dan layak digunakan.

Demi melihat keamanan dan kelayakan material, salah satu contoh Non Destructive Testing biasanya dalam  dilakukan saat mulai dan diakhiri oleh proses fabrikasi sehingga output report yang didapat akan digunakan sebagai penilaian mutu komponen. Contoh lainnya adalah Non Destructive Testing dilakukan setelah penggunaan material atau komponen dalam rentang waktu tertentu guna menemukan kegagalan parsial sebelum melebihi demage tolerance-nya.

Berikut beberapa jenis dalam NDT diantaranya :

  • Conventional Non Destructive Testing
  • Advanced Non Destructive Testing

Conventional NDT

Conventional Non Destructive Testing adalah metode manual untuk melakukan pengujian pada suatu material. Beberapa jenis dari conventional NDT adalah sebagai berikut :

  1. Radiography Test
  2. Penetrant Test
  3. Magnetic Test
  4. Visual Test
  5. Eddy Current Test
  6. Ultrasonic Test

 

Radiography Test

PT Terra Samudra Eng - NDT Radiography Test

Radiography Test adalah bagian dari pengujian dengan teknik Non Destructive Testing dimana pengujian dilakukan dengan menggunakan sinar x atau sinar gamma yang dapat menembus hampir semua logam kecuali timbal dan beberapa material padat sehingga dapat digunakan untuk menemukan cacat atau ketidaksesuain dibalik dinding metal atau di dalam bahan itu sendiri.

 

Penetrant Test

 PT Terra Samudra Eng - NDT Penetrant Test

Penetrant Test (PT) atau dapat disebut juga dengan istilah Dye Penetrant Check adalah teknik Non Destructive Testing yang berfungsi untuk mencari keretakan pada sebuah material yang diuji. Ada dua metode yang bisa digunakan pada Penetrant Test yaitu menggunakan perbedaan warna atau menggunakan fluoresensi. Metode yang paling umum digunakan adalah Penetrant Test mengguakan metode perbedaan warna.

 

Magnetic Test

PT Terra Samudra Eng - Magnetic Test

Magnetic Particle Test (MT) adalah teknik pengujian Non Destructive Testing yang dilakukan untuk mencari,mendeteksi dan memeriksa cacat dari material yang bisa di magnetisasi yang berada pada permukaan dan sub-surface (dibawah permukaan).

 

Visual Test

 PT Terra Samudra Eng - Visual Test

Visual Test (VT) adalah teknik pengujian Non Destructive Testing, biasanya metode ini menjadi metode yang pertama kali diambil dalam Non Destructive Testing. Metode ini bertujuan menemukan atau mencari cacat atau retak permukaan dan korosi material. Dengan alat seperti Visual Optical,  retakan yang berada dipermukaan material dapat diketahui.

 

Eddy Current Test

Sumber : https://www.pacaf.af.mil/News/Article-Display/Article/593918/nondestructive-inspection-technicians-ensure-aviation-safety/

Eddy Current Test adalah teknik pengujian Non Destructive Testing yang pada prisipnya kurang lebih sama dengan teknik Magnetic Particles, akan tetapi medan listrik yang dipancarkan dari arus listrik bolak-balik, ketika ada retakan maka medan listrik akan berubah dan perubahannya itu akan terbaca pada alat pengukur impadance.

 

Ultrasonic Test

PT Terra Samudra Eng - Ultrasonic Test

Ultrasonic Test (UT) adalah teknik pengujian Non Destructive Testing yang dilakukan dengan cara menghantarkan suatu gelombang dengan frekuensi tinggi kedalam material yang ingin diuji untuk mengukur sifat geometris dan fisik dari material yang diuji.

 

Advanced NDT

Advanced Non Destructive Testing adalah metode pengembangan untuk melakukan pengujian pada suatu material. Beberapa jenis dari advanced NDT adalah sebagai berikut :

  1. Phased Ray
  2. Short/Long Range Ultrasonic Test
  3. Magnetic Flux Leakage
  4. Internal Rotary Inspection System (IRIS)

 

Phased Ray

 PT Terra Samudra Eng - Phased Ray

Phased Ray Ultrasonic Test adalah metode Non Destructive Testing pengembangan dari metode Ultrasonic Test 3D.

 

Short/Long Range Ultrasonic Test

Sumber : http://www.ansndt.com/advanced-ndt-services/lrut_long_range_ultrasonic_testing.htm

Short/Long Range Ultrasonic Test adalah metode Non Destructive Testing dari pengembangan dari metode Ultrasonic Test yang digunakan untuk mendeteksi cacat pada pipa dengan jangkauan probe dapat mencapai 200m.

 

Magnetic Flux Leakage

Sumber : http://ndt-tester.com/2-1-portable-magnetic-flux-leakage-tester.html

Magnetic Flux Leakage adalah metode Non Destructive Testing yang digunakan untuk mendeteksi cacat pada tabung feromagnetik berdinding tebal, termasuk barang tubular country oil (OCTG) secara akurat. Metode uji elektromagnetik ini juga digunakan untuk memeriksa logam ferromagnetik dengan high-permeabilitas seperti batang baja karbon, pelat, tali kawat dan bagian-bagiannya. Metode ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi inklusi feritik dalam bahan non-feritik.

 

Internal Rotary Inspection System (IRIS)

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Lp1jVGRGEfQ

Internal Rotary Inspection System (IRIS) adalah teknik pengujian non-destruktif ultrasonik (NDT) yang digunakan untuk memeriksa pipa dan tabung.

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
LinkedIn
 

 

PT Terra Samudra Eng adalah perusahaan yang menyediakan jasa untuk pengujian material termasuk NDT (Non Destructive Testing) di Indonesia, inspeksi pengelasan, kualitas, kesehatan dan keselamatan, lingkungan dan pelatihan sistem manajemen, juga dengan konsultasi rekayasa sesuai kebutuhan klien kami berdedikasi untuk melayani sektor industri melalui kesadaran masalah ilmiah dan teknik modern yang diterapkan dalam pengujian keselamatan dan material. Pengembangan teknologi terdepan, hemat biaya, Pemilihan optimal metode baru dan baru, aplikasi hemat biaya dan efisien. 

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi :

 

 

WhatsApp chat